Tips & Trik - Rumah

5 Tips Desain Apartemen Studio Minimalis Agar Terlihat Lapang

5 Tips Desain Apartemen Studio Minimalis Agar Terlihat Lapang
Share:

Apartemen studio minimalis umumnya memiliki ukuran yang kecil dan mengusung konsep open plan. Dimana ruang tamu, dapur dan kamar tidur berada dalam satu area yang sama. Penataan desain interior yang kurang tepat biasanya akan membuat ruangan apartemen studio terasa lebih sempit. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa tips desain apartemen studio minimalis agar terlihat lapang. 

1. Manfaatkan Furniture Multifungsi

Tips yang pertama, manfaatkanlah furniture atau perabot multifungsi yang bisa digunakan untuk beragam jenis kebutuhan sehari-hari. Misalnya, ranjang kasur dengan rak penyimpanan di bagian bawahnya, sofa tamu yang bisa dialih fungsikan sebagai tempat tidur, meja yang bisa dilipat ke dinding untuk keperluan dekorasi, atau tangga kayu kecil yang bisa diubah menjadi kursi makan. 

Pemanfaatan furnitur multifungsi ini dinilai dapat meminimalkan jumlah barang di dalam apartemen studio yang kecil. Sebab, penggunaan barang yang terlalu banyak akan membuat ruang apartemen minimalis terasa penuh sesak. 

2. Gunakan Pembatas Minimalis Tembus Pandang

Apartemen studio minimalis yang mungil sebaiknya tidak menggunakan pembatas ruangan karena akan membuat ruangan terlihat sempit. Namun, jika Anda tetap ingin menggunakannya, pilihlah pembatas minimalis yang tembus pandang.

Anda bisa menggunakan rak atau kabinet buku tanpa penutup sebagai pembatas antara ruang tamu dan kamar tidur. Atau, Anda juga bisa mengaplikasikan pembatas kaca yang tinggi untuk mempercantik interior apartemen. 

3. Pilih Meja Bar Untuk Ruang Makan

Tips desain apartemen studio minimalis yang selanjutnya adalah memilih meja bar untuk ruang makan. Dengan lahan yang terbatas, pemilihan meja bar kecil dan dua buah kursi sebagai ruang makan merupakan pilihan yang tepat. Di samping itu, meja bar tersebut juga bisa digunakan untuk kegiatan bekerja atau belajar.

4. Pasang Cermin Berukuran Besar

Memasang cermin berukuran besar akan membuat ruangan apartemen studio minimalis terlihat lebih besar. Namun perlu Anda catat, pemilihan area peletakan cermin tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pasanglah cermin menghadap ke jendela agar cahaya matahari yang masuk bisa dipantulkan secara maksimal. Ini bertujuan untuk memberikan kesan ruang apartemen studio yang lebih terang dan lapang. 

5. Pertimbangkan Warna Dinding Netral

Tips terakhir, pertimbangkan warna dinding yang netral seperti putih, krem, atau warna-warna pastel lainnya. Penggunaan warna netral pada dinding apartemen studio juga dapat memantulkan sinar matahari sehingga ruangan di dalamnya tidak terlihat kelam.

Jika dinding apartemen studio terlanjur menggunakan warna gelap, Anda bisa menyiasatinya dengan memasang wallpaper berwarna cerah. Pastikan warna wallpaper yang dipilih sesuai dengan konsep interior apartemen studio minimalis Anda. 

Itulah informasi seputar tips desain apartemen studio minimalis agar terlihat lapang. Dengan mengikuti semua tips di atas, Anda diharapkan bisa memiliki interior apartemen studio minimalis yang rapi, nyaman dan terasa luas. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top